Ahad, 12 November 2017 alumni MTs Persis 3 Pameungpeuk lulusan tahun 2007 mengadakan reuni yang bertempat di Bougenville, Puntang.

Acara reuni ini sendiri tidak hanya bertujuan untuk memertemukan fisik, wajah yang sudah berubah, tetapi mengikat kembali ide yang berserakan, gagasan yang berceceran. Sehingga mewujud menjadi gerakan.

Kamal sebagai koordinator acara reuni menyambut baik ide untuk mengadakan kajian, menyegarkan kembali ingatan kepesantrenan. Ke depan akan dirumuskan kajian-kajian untuk mendasari gerakan alumni.

Dalam hal lainnya alumni juga bisa menjadi tolok ukur keberhasilan pendidikan Pesantren. Dari berbagai aspek, terutama implementasi dari ilmu yang telah didapatkan oleh alumni selama menjadi santri.

Dalam hal pengembangan Pesantren, alumni juga harus sudah memikirkan kontribusi apa yang dapat diberikan kepada Pesantren. Hal ini sebagai bentuk pengabdian alumni untuk almamaternya.

Sebab di balik sekolah yang sukses ada peran alumni di belakangnya sekaligus di balik alumni yang sukses maka ada peran sekolah di belakangnya. Adagium ini mesti diwujudkan dalam gerakan. (/Adi Tahir Nugraha)